Senin, 22 Agustus 2011

Apa Itu Fatal Error ?

Sebuah fatal error adalah jenis masalah komputer di mana beberapa jenis kegiatan menyebabkan suatu program yang sedang berjalan berhenti berfungsi dan menutup sendiri. Dalam kebanyakan kasus, ketika terjadi fatal error akan muncul tampilan pesan yang menjelaskan sifat kesalahan. Meskipun istilah fatal error kedengarannya tak menyenangkan, namun terjadinya jenis kesalahan komputer tidak selalu berarti hardware secara permanen cacat atau rusak, tetapi bantuan dari seorang spesialis sistem informasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah.

Sementara itu penyebab/alasan untuk sebuah fatal error biasanya bervariasi, ada beberapa skenario yang menjelaskan sebagian besar masalah ini. Salah satu yang lebih umum adalah penerimaan instruksi yang ilegal, atau instruksi yang tidak selaras dengan kode pemrograman. Ketika ini terjadi, program biasanya mati, karena tidak ada protokol dalam pemrograman yang memungkinkan untuk melanjutkan.

Ketika beberapa jenis kode yang tidak valid atau data diakses sementara program ini mengeksekusi instruksi tertentu, sebuah fatal error mungkin akan terjadi. Penyebab yang mendasari masalah ini bisa karena kode atau data yang telah rusak, atau yang tidak lagi ada dalam hard drive untuk digunakan. Sekali lagi, program ini tidak dapat memproses order untuk melanjutkan tugas.

Setelah program dibatalkan karena terjadinya fatal error, ada kemungkinan bahwa setiap data yang diolah saat ini akan mengalami kegagalan atau hilang. Untuk alasan ini, penting untuk secara konsisten melakukan backup data. Ini berarti bahwa jika seseorang menggunakan program pengolah kata, tergantung pada fitur auto-save apakah berfungsi atau tidak. Ketika anda sedang bekerja, sebaiknya setiap beberapa menit harus menyimpan pekerjaan setidaknya berarti bahwa hilangnya data dapat diminimalkan.

Dengan menganalisis pesan kesalahan yang ditampilkan dan menggunakan data tersebut untuk mengisolasi masalah, kemungkinan perbaikan masih sangat memungkinkan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan untuk memahami pesan yang muncul itu. Sebagian pengguna mungkin memiliki latar belakang mampu secara akurat mendiagnosis dan memperbaiki kesalahan, namun mengkin untuk orang lain akan memerlukan tenaga profesional sebagai programmer komputer untuk memperbaiki kesalahan.

Lalu bagaimana mengatasi fatal error?

1. Lihat dan catat pesan yang muncul, dan atasi sesuai kemampuan anda jika bisa. Anda harus secepatnya memperhatikan pesan tersebut karena dari sanalah langkah awal menyelesaikan masalah.

2. Jika pesan yang muncul tidak anda ketahui maksudnya, silakan tulis pesan tersebut dan tanyakan kepada Mbah Google, pasti ada yang pernah menulis masalah yang bersangkutan.

3.Langkah berikutnya sekiranya anda masih bingung adalah kunjungi beberapa forum computer, cari dan tanyakan kepada mereka bagaimana jalan keluarnya.

4. Ada kalanya fatal error tidak meninggalkan pesan apa-apa dan mati begitu saja. Jika itu terjadi, cobalah diingat apakah sebelum hal itu terjadi anda telah melakukan perubahan pada computer anda, misalnya melakukan setting tertentu? Jika ya, jangan sampai itulah penyebabnya.

5. Jika anda merasa tidak melakukan apa-apa dan fatal error tidak meninggalkan pesan apa-apa lalu mati begitu saja, sebaiknya anda bertanya langsung atau lewat email kepada seseorang yang anda percaya. Ceritakan secara lengkap proses terjadinya masalah anda agar mentor anda bisa mendiagnosa secara tepat dan memberikan solusinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar