Senin, 22 Agustus 2011

Tips Mengatasi Modem DSL Not Connect

Saat ini sudah banyak yang menggunakan internet di rumah maupun di tempat kerja. Penggunanya saat ini telah meningkat lebih dari 400% dalam lima tahun terakhir ini. Namun perkembangan ini tidak diimbangi dengan kemampuan pengguna untuk mengatasi sendiri masalah setup jaringan DSL, yang diketahui konsumen atau pengguna adalah hanyalah browsing. Konsumen hanya dapat menggunakan tetapi tidak dapat mendiagnosa dan memecahkan masalah jaringan komputer saat terjadi masalah/kerusakan. Sebenarnya masalah modem DSL tidak konek dapat diatasi sendiri oleh pengguna tanpa menggunakan teknisi.

Berikut ini Tips Mengatasi Modem DSL Tidak Konek:

- Hubungkan komputer langsung ke modem DSL jika saat ini menggunakan router untuk mendistribusikan konektivitas internet di seluruh jaringan. Ini untuk menguji jika ada masalah pada router. Jika setelah ini jaringan bisa tersambung internet, berarti router yang bermasalah.

Pastikan semua kabel modem dimasukkan dengan benar ke modem baik kabel masuk maupun kabel output. Jika perlu lepaskan dan kemudian hubungkan kembali semua kabel.
Periksa dan pastikan bahwa tidak ada kabel yang rusak atau terpotong. Kemudian, pastikan kabel power modem dicolokkan ke modem serta soket listrik dengan daya yang tersedia.

- Coba reset modem DSL dengan cara mematikannya. Biarkan modem dalam keadaan off untuk setidaknya 30 detik. Jika modem tidak memiliki switch on/off, cukup dengan melepaskan kabel powernya saja.

- Pastikan bahwa jika modem DSL Anda memiliki lampu standby, saat ini tidak dalam mode ini. Jika modem Anda memiliki lampu indikator, periksa untuk melihat apakah yang menyala adalah Hijau, Kuning, atau Merah. Jika lampu hijau, maka ada kemungkinan konfigurasi perangkat lunak yang masalah dan bukan masalah hardware.

- Jika lampu status modem Anda tidak menyala, atau menunjukkan koneksi yang buruk, berarti ini adalah masalah koneksi DSL dan kemungkinannya adalah saluran telepon yang menghubungkan modem ke saluran telepon tidak bagus. Ganti ke port saluran telepon lain. Jika modem masih tidak berhasil, hubungi ISP Anda untuk meminta tes dan jika diperlukan, penggantian modem jalan terakhir.

- Jika proses menguji modem dan kabel telepon memuaskan, link berikutnya untuk diperiksa adalah untuk mengganti kabel Ethernet yang menghubungkan komputer ke modem.
Jika koneksi masih gagal, cobalah untuk menggunakan laptop untuk menguji koneksi DSL. Jika pada laptop bekerja, maka konfigurasi perangkat lunak atau perangkat keras jaringan internal pada komputer yang digunakan sebelumnya mungkin memiliki masalah.

- Install ulang driver dengan CD instalasi modem DSL. Ada kalanya driver modem bermasalah sehingga tidak bisa tersambung internet. Jika setelah install ulang driver koneksi DSL terus gagal, hubungi ISP Anda untuk pemecahan masalah lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar